Istilah-istilah dalam
musik
Dari Wikibuku bahasa Indonesia, sumber buku teks bebas
Tabel berikut adalah istilah-istilah yang
sering digunakan dalam musik.
Absolute pitch ( Perfect pitch )
|
Pendengaran terlatih yang dapat mengetahui dan
mengidentifikasikan nada.
|
Acapella
|
Musik vokal tampa diiringi instrument.
|
Accelerando
|
Mempercepat tempo.
|
Accidentals
|
Tanda-tanda untuk menaikan dan menurunkan nada.
|
Accompaniment
|
Musik pengiring.
|
Ad lib
|
Singkatan dari Ad libitium yaitu peluang yang diberikan kepada pemain
instrument untuk memainkan instrument mereka secara bebas.
|
Al fine
|
Sampai akhir.
|
Alto
|
Suara rendah pada wanita.
|
Analog
|
Alat elektronik yang tidak digital.
|
Arpegio
|
Uraian nada-nada dari chord yang berurutan naik dan turun.
|
A tempo
|
Kembali ke tempo awal.
|
Atonality
|
Membaikan kunci atau tonal center.
|
Augmented
|
Interval yang di perlebar.
|
Avant-garde
|
- Pelopor / frontir.
- Bermusik dengan cara yang tidak konvensional. |
Bacbeat
|
Latar belakang irama/ ritme yang stabil.
|
Ballad
|
- Lagu bercerita.
- Lagu yang berirama lambat. |
Bar
|
Pengelompokan ketukan-ketukan dalam hitungan genap atau ganjil.
|
Bar line
|
Garis vertical pemisah yang membatasi antara bar.
|
Baritone
|
Pertengahan suara antara suara tenor dan bass pada vokal pria
atau alat musik.
|
Bass
|
- Suara terendah dari vokal pria.
- Nada terendah pada musik. |
Beat
|
- Ketukan teratur sebagai pedoman meter- ritme- dan tempo.
- Jenis irama musik- seperti Latin beat, Rock beat, dll. |
Bending note
|
Nada yang meliuk ( ciri khas dari musik blues ).
|
Brass section
|
Kelompok pemain Brass bagian dari band.
|
Bridge
|
Bagian transisi antara dua tema musik.
|
Brightly
|
Dimainkan dengan gembira.
|
Broken chord
|
Arpegio chord yang dimainkan secara tidak beraturan.
|
Cadence
|
Progression / resolution melodi atau harmoni yang menjadi
konklusi sementara atau akhir.
|
Cadenza
|
Pemeragaan kemahiran tehknik bermain (improvisasi) oleh solis
pada bagian akhir komposisi musik.
|
Changes
|
Pergerakan shord.
|
Chord
|
Harmonisasi tiga nada atau lebih.
|
Chord embellishment
|
Memperindah harmoni dengan penambahan ornamentasi nada pada
chord.
|
Chordal tones
|
Nada-nada yang terdapat di dalam konstruksi chord.
|
Chromatic
|
Susunan / penggunaan melodic atau harmonik dari 12 nada.
|
Clef
|
Simbol yang menyatakan wilayah nada-nada pada staff, di sesuaikan
dengan kebutuhan dan alat musik.
|
Coda
|
Bagian penutup dari musik.
|
Common time
|
Empat ketukan dalam satu bar.
|
Consanance
|
Gabungan beberapa nada yang terdengar harmonis / enak.
|
Counterpoint
|
Alur dua rangkaian melodi atau lebih secara bersamaan.
|
Crescendo
|
Suara menjadi keras secara bertahap.
|
Da capo ( DC )
|
Yaitu tanda yang menunjukan untuk mulai untuk memulai dari awal.
|
Diatonic
|
Berkenaan dengan tujuh major atau minor scale.
|
Diction
|
Cara mengucapkan kata pada penyanyi.
|
Diminished
|
Interval diperpendek.
|
Dissonance
|
Bunyi yang membuat rasa galau pada pendengaran.
|
Dominant
|
Nada ke lima pada major / minor scale dan jenis chord yang
terbentuk pada nada tersebut.
|
Double-stop
|
Dua nada di bunyikan serempak pada instrument string.
|
Downbeat
|
Ketukan pertama pada bar.
|
Dragging
|
Tempo permainan yang menjadi lambat dari tempo yang seharusnya
secara tampa disengaja.
|
Duet/ duo
|
Komposisi yang menampilkan dua pemain.
|
Duplet
|
Tiga ketuk dibagi dua dengan nilai tempo yang sama .
|
Dynamic
|
Berkenaan dengan volume dan kelembutan.
|
Encore (more)
|
Istilah meminta pemain/ penyanyi untuk menambah lagi
pergelarannya.
|
Enharmonics
|
Satu nada dengan nama yang berbeda.
|
Ensemble
|
Kelompok pemain.
|
Falsetto
|
Suara tinggi vokal yang tidak umum.
|
Fermata
|
Menahan nada/ chord / rest
|
Figured bass
|
Pola / bagian bass.
|
Finale
|
Tema penutup.
|
Fingerboard
|
Tangkai ber-senar untuk jari pada instrument ber-string.
|
Fine (ending)
|
Akhir dari komposisi.
|
Glissando (gliss)
|
Memainkan scale pada paino dengan kecepatan tinggi.
|
Grance note
|
Ornament nada yang singkat dan tidak memerlukan hitungan khusus.
|
Groove
|
“Fell” dari cara bermain dengan tempo “laidback” yang konstan
dan stabil.
|
Half-step
|
Jarak interval setengah nada.
|
Harmony
|
Tentang perpaduan bunyi yang selaras.
|
Head
|
Melodi lagu.
|
Horn section (brass section)
|
Kelompok pemain alat tiup pada band.
|
Interval
|
Jarak antara dua nada.
|
Inversion
|
Nada pada chord / interval yang dipindahkan ke oktaf atas atau
bawah, atau susunan interval / chord terbalik.
|
Jam session
|
Bermain musik dalam kelompok secara informal / tidak resmi.
|
Key signature
|
Tanda accidentals pada permulaan staff untuk menentukan kunci.
|
Laidback
|
Bermain sedikit diperlambat atau bermain dibelakang menentukan
kunci.
|
Leading tone
|
Nada ketujuh pada diatonic scale.
|
Legato
|
Nada-nada dimainkan yang bersambung dengan tanda garis lengkung.
|
Ledger line
|
Garis Bantu di atas dan di bawah staff.
|
Licks
|
Phrasing singkat atau klise phrasing yang dapat
diidentifikasikan.
|
Measure
|
Hitungan pada sekelompok ketukan.
|
Mediant
|
Nada ke tiga pada major atau minoe scale.
|
Metronome
|
Alat yang menyatakan / membunyikan jumlah ketukan per-menit.
|
Microtone
|
Jarak lebih kecim dari setengah nada ( half step ).
|
Moderately
|
Dimainkan dengan kecepatan sedang (moderato).
|
Modulation
|
Perubahan kunci.
|
Motif
|
Melodi singkat yang sangat khas.
|
Non-chordal tones
|
Nada-nada yang terletak di luar diatonic scale.
|
Note
|
Simbol tertulis untuk nada.
|
Octave
|
Interval ke delapan dari diatonic scale.
|
Overtone ( nada harmonik)
|
Nada tambahan yang menyertai nada nada biasa- bias any terdapat
di atas sebuah nada.
|
Overtone series
|
Serangkaian nada-nada overtone.
|
Part
|
- Bagian dari komposisi musik.
- Bagian dari sebuah instrument tertentu- missal guitar pasrts ( body, neck, head, tuning, dll…) |
Pedal point
|
Nada bass yang ditahan, sementara harmoni berubah untuk
menciptakan tensi.
|
Pentatonic
|
Scale yang terdiri dari lima nada.
|
Perfecth pitch
|
Bakat pendengaran yang sempurna- sehingga dapat
mengidentifikasikan atau mengetahui frekuensi suara.
|
Phrase
|
Melodi singkat yang terbentuk dari beberapa motif.
|
Pitch
|
Tinggi rendahnya nada atau suara.
|
Quarduplet
|
Ketukan di bagi empat tuplet.
|
Quartet
|
Kelompok empat pemain.
|
Quintet
|
Kelompok lima pemain.
|
Quintuplet
|
Ketukan di bagi dengan lima ketuk.
|
Real Book
|
Buku kumpulan lagu-lagu standart.
|
Refrain
|
Bagian dari komposisi lagu yang di ulang beberapa kali.
|
Resolution
|
Pergerakan dari chord dissonance ke consonance.
|
Rest
|
Tanda istirahat – semua instrument musik tidak di mainkan .
|
Rhythm
|
Struktur musik yang berhubungan dengan ketukan tempo dan ketukan
yang menyatakan fell atau penjiwaan sebuah lagu.
|
Rhythm sections
|
Kelompok pemain instrument yang merupakan bagian dari band.
Rhythm section terdiri dari Guitar, Bass, Drum, dan Keyboard / piano.
|
Riff
|
Phrasing pendek yang di ulang-ulang.
|
Ritardando
|
Kecepatan yang di perlambat secara bertahap.
|
Root
|
Nada pertama scale atau nada dasar chord.
|
Rubato
|
Tehknik memainkan melodi tampa mematuhi nilai nada-nada agar
dapat bermain dengan penuh perasaan.
|
Rushing
|
Tempo permainan yang terburu-buru dan mendahului.
|
Scat-singing
|
Vokal dengan menggunakan kata-kata yang tidak bermagna.
|
Score
|
Notasi musik yang menjaqvarkan aransemen musik secara
keseluruhan ( full score ), dapat juga dalam bentuk vocal score atau
orchestral score.
|
Semi-tone (mikro tone)
|
Frekwensi di antara interval half step.
|
Septet
|
Kelompok tujuh pemain.
|
Septuplet
|
Ketukan dibagi tujuh tuplet.
|
Sextuplet
|
Ketukan di bagi enam tuplet.
|
Sharp
|
Tanda untuk menaikan nada half-step.
|
Shuffle
|
Irama Rock dengan fell Swing.
|
Slide (bending note)
|
Nada yang di belokan atau bergeser.
|
Slowly
|
Di mainkan dengan kecepatan lambat.
|
Slur
|
Garis lengkung yang menyatakan agar beberapa nada dapat
dimainkan secara bersambung, atau sering juga di sebut Legato.
|
Solo
|
Komposisi untuk seorang pemain, sendiri atau diiringi .
|
Soprano
|
Vokal wanita atau sebutan bagi alat musik dengan wilayah yang
tinggi.
|
Staccato
|
Nada pendek terputus, kebalikan dari Legato.
|
Staff
|
Lima garis sejajar untuk menulis nada.
|
Standards
|
Jenis lagu-lagu yang terpopuler di kalangan musik Jazz.
|
Step & half
|
Jarak interval satu-setengah nada.
|
Subdominant
|
Nada ke empat pada diatonic nada.
|
Submediant
|
Nada ke enam pada diatonic scale.
|
Supertonic
|
Nada ke dua pada diatonic.
|
Suspension
|
Non-chordal tone yang ditahan dari nada sebelumnya.
|
Syncopation
|
Irama yang ditandai dengan aksen-aksen kuat pada nada-nada yang
semestinya ber-aksen lemah.
|
Tempo
|
Kecepatan ketukan.
|
Tenor
|
Wilayah tertinggi pada vokal pria.
|
Tetrachord
|
Hubungan / urutan empat nada konsekutif ( tersusun) dari dua
scale.
|
Timbre
|
Kualitas atau warna suara / nada .
|
Time signature
|
Bilangan pecahan pada permulaan staff.
|
Tonality
|
Menyatakan bunyi atau warna suara.
|
Tone
|
Bunyi nada.
|
Tonic
|
- Nada dasar dari komposisi musik.
- Nada pertama dari scale. |
Tonging
|
Pengaturan posisi lidah pada alat musik tiup.
|
Touch
|
Gaya dan daya sentuh pemain khususnya untuk Keyboard dan
instrument ber-senar.
|
Trade four
|
Tradisi bepop dalam improvisasi- bergantian anatara drums dan
instrument lainnya pada tiap-tiap empat bar.
|
Transcription
|
Musik yang tertulis atau di sebut juga sheet music.
|
Transposition
|
Menulis kembali atau memainkan musik dengan mengubah tingkat
nadanya.
|
Tremolo
|
Tehknik memainkan perulangan nada dengan sangat cepat.
|
Triad
|
Chord tiga nada.
|
Trill
|
Perulangan cepat dari sebuah nada yang diselingi dengan nada
terdekat diatasnya.
|
Trio
|
Kelompok tiga pemain.
|
Triple time
|
Pembagian tempo ke dalam tiga ketukan.
|
Triplet
|
Satu ketuk atau ketukan genap yang di bagi tiga dengan nilai
yang sama rata .
|
Tune
|
- Lagu atau melodi.
- Harmonis atau selaras ( in tune ). |
Tuner
|
Alat untuk menyelaraskan nada.
|
Tunning fork (garpu tala)
|
Batang yang terbuat dari logam dan berbentuk huruf ‘U’
bertangkai untuk menala nada.
|
Tuplet
|
Pembagian ketukan.
|
Tutti
|
Semua pemain memainkan hal yang sama.
|
Unison
|
Nada yang sama dimainkan oleh dua pemain atau lebih.
|
Up beat
|
- Ketukan yang berada di atasa hitungan.
- Gerak tangan dirigen ke atas. |
Upright piano
|
Jenis piano dengan senar-senar terentangkan berdiri tegak.
|
Vibrato
|
Nada yang bergetar / tehknik menggetarkan nada.
|
Waltz
|
Ketukan tiga perempat.
|
Whole step (whole tone)
|
Jarak interval satu nada.
|
Yodel
|
Tehknik menyanyi diselingi dengan suara-suara falsetto (ciri
khas musik country western).
|
"Bismillahirahmanirahim
BalasHapusAssalamu Alaikum Wr. Wb.
KISAH HIDUP SAYA
Nama saya Ayunda Honorer daerah Medan . Saya 3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya saya Berhasil, itu semua Berkat Bpk AIDU TAUHID.SE.M.Si.. Beliau adalah Direktur Pengadaan dan Kepangkatan PNS BKN PUSAT Jakarta..
Saya awalnya tidak percaya,tapi setelah saya coba menhubungi Bpk AIDU TAUHID.SE. M.Si.. dengan No.tlp: 0852-5552-2745 akhirnya saya bisa lulus CPNS 2016. Berjubelnya peserta tes sempat membuat hati saya ciut ketika itu.
Alhamdulillah berkat Bpk AIDU TAUHID.SE. M.Si. yang banyak membantu saya, saya sekarang lulus CPNS dan SK saya akhirnya bisa keluar,itu adalah kisah hidup dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk AIDU TAUHID.SE. M.Si. No HP Beliau: 0852-5552-2745 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi PNS.
Saya berharap untuk ke depannya semakin banyak lagi yang bisa lulus dengan bantuan Bpk AIDU TAUHID.SE. M.Si. . atau bisa lihat profil beliau di http://www.bkn.go.id/unit_kerja/aidu-tauhid ,Selama kita masih berusaha maka di situ pasti ada jalan.,Terima kasih
Waalaikumsalam Wr. Wb"